<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Hoax, Si Penipu di Internet

Wednesday, February 08, 2006
Di Internet, siapa saja bisa membuat dan menyebarluaskan informasi mengenai apa saja, mulai dari informasi yang terpercaya dan valid hingga berita bohongan yang tak jelas sumbernya. Di antara berbagai jenis inforrnasi tersebut, hoax adalah yang paling kontradiktif. Hoax jelas-jelas merupakan berita bohong belaka, namun jutaan netter (pengguna) Internet seringkali begitu mudah terpedaya olehnya, termasuk Anda barangkali.

Selama ini, ada sejumlah hoax yang populer di kalangan para netter, dan kemungkinan besar Anda pun pernah menerimanya. Berikut adalah beberapa diantaranya:
- Peringatan tentang virus handphone. Isinya antara lain: "Apabila suatu saat HP-mu berdering dan pada waktu kamu lihat nomor yang masuk di layar HP-mu tercantum tulisan XXX, jangan diangkat. ltu adalah virus!"
- Berita dari Yahoo Messenger dalam bahasa Inggris, yang terjemahannya kira-kira sebagai berikut, "Account Anda di Yahoo Messenger akan dihapus. Agar tidak dihapus, silakan forward pesan ini pada sepuluh teman Anda."
- Email Dari Anna Swelund yang mengaku sebagai manajer di Ericsson yang akan memberikan hadiah sebuah HP Ericsson kepada Anda secara gratis, dengan syarat ia harus meneruskan e-mail tersebut kepada rekan Anda dan salah satunya di CC-kan ke email Anna Swelund sendiri.
- E-mail dari jeffrywhite@lycos.com yang - katanya - berasal dari Afrika dan berjudul Fund for Investment atau URGENT AND CONFIDENTIAL.
- Peringatan tentang adanya trojan. Contoh yang cukup populer adalah hoax Sulfnbk yang menyarankan para pengguna komputer untuk menghapus file Sulfnbk.exe di Windows karena diklaim sebagai virus yang berbahaya. Ternyata file ini adalah file asli dari Windows dan dibutuhkan untuk mengenali long file name (nama file yang panjang). Kalau file ini dihapus, justru kerja Windows akan terganggu.
- Peringatan tentang akan datangnya kejadian buruk yang menimpa seluruh umat manusia. Contoh yang paling baru adalah e-mail dengan judul "Mars akan berputar berlawanan arah akhir bulan ini". Dikabarkan, peristiwa ini akan menyebabkan matahari terbit dari Barat (salah satu dari tanda-tanda kiamat).
- Berita tentang anak hilang, anak diculik, dan sebagainya. Mungkin ada di antara berita seperti ini yang henar, tapi kemungkinan berita bohong pun ada.
- Kisah nyata yang telah dilencengkan ceritanya, dengan maksud untuk mencapai tujuan politis dari golongan tertentu.

Yang telah disebutkan di atas sebenarnya hanya sebagian kecil saja dari hoax yang telah beredar di Internet, masih banyak contoh lain yang tidak mungkin disebutkan satu persatu disini. Namun hikmah yang bisa kita petik dari contoh-contoh di atas adalah: jangan mudah percaya pada informasi yang Anda dapatkan dari Internet.

Walaupun Anda merasa tidak pernah dirugikan oleh kehadiran hoax, namun sebenarnya jenis pesan ini cukup berbahaya, terutama jika pesan e-mailnya berisi virus, atau penipuan yang meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu. Hoax Sulfnbk seperti yang penulis sebutkan di atas, merupakan contoh hoax yang bisa merugikan komputer Anda.

Seperti halnya spam dan virus, hoax pun sebenarnya berpotensi memboroskan bandwidth. Sebabnya, banyak orang yang begitu gampang percaya pada pesan-pesan hoax. Mereka merasa informasi yang dibacanya penting dan benar, lalu meneruskan informasi tersebut pada teman-temannya. Coba bayangkan, jika ada seribu orang saja yang meneruskan e-mail penipu seperti ini, ada berapa besar bandwidth Internet yang diboroskan?

Jadi, berhati-hatilah terhadap setiap pesan e-mail yang masuk ke mailbox Anda, atau pesan melalui media Internet lainnya seperti messenger. Jika Anda penasaran untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hoax, coba kunjungi situs Hoaxbusters di http://hoaxbusters.ciac.org/HoaxBustersHome.html