<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Tips Koneksi CBN Hotspot Pada Nokia 9500 Communicator

Thursday, February 02, 2006
Teknologi memang selalu dan akan terus berkembang, terutama di bidang telekomunikasi. Hal ini terlihat dari semakin marak dan canggihnya alat-alat yang berhubungan dengan teknologi komunikasi, salah satunya handphone. Kini telah tersedia berbagai produk handphone yang dibuat sesuai dengan kondisi, keinginan pasar maupun mengikuti teknologi yang semakin berkembang. Salah satu tipe handphone terbaru keluaran Nokia, yaitu Nokia 9500 Communicator, telah dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi, yang memungkinkan penggunanya mengakses Internet di lokasi-lokasi tertentu yang menyediakan layanan Internet bcrteknologi WiFi, misalnya di lokasi-lokasi CBN Hotspot.

Bagi Anda yang memiliki handphone ini, tentu Anda ingin mengetahui cara setting CBN Hotspot, agar Anda dapat menikmati akses Internet gratis di kafe favorit melalui handphone Anda. Berikut kami uraikan langkah-langkah setting koneksi CBN Hotspot pada Nokia 9500 Communicator:
1. Sebelumnya, Anda masuk dulu ke tampilan utama, pilih "Tools" => "Control Panel" => "Connections". Kemudian klik "Connections", pilih "Wireless LAN" kemudian tekan "Select".
2. Pada menu "Wireless LAN", pilih "Networks". Jika Nokia 9500 Anda telah berhasil menemukan "SSID CBNHotSpot", pilih "View Details" untuk melihat detail koneksi CBN Hotspot Anda.
3. Klik "Create Access Point". Akan muncul kalimat "Do you want to create basic Internet access point for the selected WLAN network?", pilih "OK"
4. Pada tab "Connections", klik "Internet Setup". Pilih "CBNHotSpot", klik "Edit". Pilih tab "Security", kemudian klik "None" pada "Security Mode", lalu klik "Done". Pilih "Exit" untuk kembali ke menu utama.
5. Pilih folder "Media" => "Web" => "Open web address", masukkan URL atau alamat situs web yang ingin Anda kunjungi, misalnya www.yahoo.com, kemudian tekan "Go To".
6. Anda akan melihat tampilan "Window Network Connection". Pada menu "Select an access point", pilih "CBNHotSpot" kemudian klik "Connect".
7. Tunggu proses downloading, setelahnya akan tampil login page CBN Hotspot. Masukkan username dan password login Anda, kemudian klik "Access the Internet". Jika Anda memasukkan username dan password secara benar, maka akan muncul tampilan situs web yang Anda tuju. Kini Anda dapat melakukan aktivitas Internet seperti biasa.
8. Jika Anda ingn memutuskan koneksi Internet, caranya juga sangat mudab. Tinggal klik "Exit", atau pada menu Utama Nokia 9500, pilih "Tools", "Connection Manager", kemudian pilih nama koneksi, lalu klik "Disconnect".

Nah, kini Anda sudah tahu bagaimana cara terkoneksi ke CBN Hotspot menggunakan Nokia 9500, bagaimana kalau secepatnya dicoba ?