<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Cara Praktis Merawat dan Memelihara Printer

Friday, February 03, 2006
Seiring dengan perkembangan bisnis yang sarat dengan persaingan, tentunya kccepatan dalam menyelesaikan pekerjaan sangat dibutuhkan. Tak heran jika banyak perusahaan yang menjadikan printer sebagai salah satu sarana untuk memperlancar bisnis mereka. Berlatar belakang itu pula, belakangan bermunculan berbagai macam produk printer di pasaran dengan bentuk dan kualitas yang sangat menarik. Seperti yang dilakukan oleh Epson dengan produk unggulannya, yaitu Epson Stylus C41 Colour Inkjet. Printer seri baru ini sengaja ditujukan untuk pengguna tingkat pemula, namun mempunyai kecepatan dan kualitas yang lebih tinggi. Tapi sebagus apapun jenis printer yang digunakan, tentu akan menjadi masalah jika Anda tidak bisa merawat dan memeliharanya. Karena itu, kami akan memaparkan cara termudah dalam memelihara dan merawat printer, sehingga kualitas printer yang Anda inginkan dapat terpenuhi.

Untuk memudahkan Anda dalam memelihara dan merawat printer agar terjaga dengan baik, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Nyalakan printer Anda setidaknya 3 hari sekali.
2. Jika hasil cetak menurun, lakukanlah "Cleaning" (maksimal 2 kali).
3. Disarankan untuk tidak mengganti / mencabut cartridge jika tinta belum habis
4. Usahakan agar tinta menyentuh CHIP CSIC yang terdapat pada cartridge.
5. Pastikan printer bebas dari debu terutama pada tempat penarik kertas
6. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan area penarik kertas
7. Bersihkan bagian luar printer dengan menggunakan kain basah
8. Lakukan pengecekan berkala pada website EPSON untuk meng-update driver demi meningkatkan kinerja printer.

Namun jika Anda sudah melakukan Iangkah di atas, ternyata hasil printer masih bergaris, berarti Anda perlu memeriksa kondisi print head. Bagaimana cara memeriksa kondisi print head? Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik tombol "Start" dan pilih "Setting" dan pilih "Control Panel".
2. Pilih folder "Printer" dan pilih folder/icon "printer Epson" Anda, klik kanan mouse Anda, kemudian pilih "Properties".
3. Menu Driver Epson akan muncul, di dalam menu tersebut terdapat 8 folder yaitu, General, Details, Color Management, Sbaring, Main, Paper,
Layout, Utility.
4. Pilih "Utility", di dalamnya terdapat 5 tombol fungsi, yakni:
  - EPSON Status Monitor 3: berfungsi untuk memeriksa masih berapa banyak tinta yang berada di dalam cartridge.
  - Nozzle Check: berfungsi untuk memeriksa kondisi print head.
  - Head Cleaning: Bila hasil cetakan bergaris maka tungsi inilah yang digunakan (jangan melebihi 2 kali), bila garis tersebut tetap muncul, maka biarkan printer tersebut dalam keadaan menyala selama 10 menit.
  - Head Alignment: Bila huruf hasil print tidak rapi (huruf miring-miring), maka fitur ini akan memeriksanya.
  - Ink Cartridge Replacement: Fungsi fitur ini membantu user dalam mengganti catridge dengan sistem software. Langkah-langkahnya dijelaskan dengan gambar pada buku user manual, sehingga lebih memudahkan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah dalam memelihara dan merawat printer Anda seperti di atas, niscaya semua fungsi printer akan berjalan dengan baik dan kondisi printer Anda tetap awet.