<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Telah Tiba, iPod Generasi 5

Wednesday, January 25, 2006
Sejak diluncurkan pada akhir 2001 lalu, iPod langsung menarik perhatian publik dan menjadi perangkat portabk music player terpopuler. Dengan mengusung slogan "1,000 songs in your pocket", iPod memang menghadirkan teknologi audio digital(kini bisa visual juga) yang benar-benar revolusioner. Keberhasilan buatan Apple ini bukan hanya karena teknologinya yang mampu menampung musik (termasuk MP3) di dalam satu perangkat, namun juga karena kecepatannya, desainnya yang indah, dan bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

iPod adalah sebuah teknologi yang memadukan perangkat keras berupa harddisk dcngan perangkat lunak yang mampu mensinkronisasi file-fie audio digital dan memutar ulangnya. iPod bukan hanya sebuah produk teknologi. Ia pun dapat menggantikan peran Napster yang digugat karena tuduhan penyebarluasan file-file MP3 yang ilegal.

Banyak orang yang salah menduga, bahwa iPod adalah perangkat MP3 player. Sebenarnya, iPod adalah musik player, karena ia bisa mendukung beragam file musik, walau memang masih terbatas pada beberapa format saja. Kini, pada iPod generasi ke-5, ia juga bisa berfungsi sebagai video player, yang makin memanjakan para penggunanya.

iPod generasi ke-5 ini secara resmi diluncurkan pada bulan September 2005 lalu. la hadir dengan body super tipis, dan diberi nama "iPod Nano". Menurut data di Detikinet bulan September lalu, perangkat canggih ini dijual dengan harga US$249, atau sekitar Rp 2,5 juta jika kurs USD adalah Rp 10.100.

Menurut Steve Jobs, CEO Apple, seperti dilansir PCWorld yang dikutip detikinet Jumat (8/9/2005), ukuran iPod Nano 80 persen lebih kecil dari iPod original dan 62 persen lebih kecil dibanding iPod Mini. Sementara itu beratnya hanya 1,5 ons dan memiliki layar bcrwarna (sekadar info, layar warna ini telah tersedia sejak iPod generasi 4).

Ada empat model yang diperkenalkan oleh iPod Nano, yakni MA004LL/A (2GB putih), MA099LL/A (2GB hitam), MA005LL/A (4GB putih), dan MA107LL/A (4GB hitam). Berikut aclalah spesifikasi teknisnya:

Kapasitas:
2GB (500 lagu) atau 4GB (1,000 lagu)
Baterai:
14 jam untuk music playback, atau 4 jam untuk slide show dengan musik.
Display:
Layar LCD berwarna 1,5 inci (diagonal) dengan LED backlight
Ports:
Dock connector, stereo minijack
Konektivitas:
USB melalui Dock connector
Photo Support:
JPEG, BMP, GIF, TIFF, PSD (Mac only) dan PNG.

Informasi lebih lanjut mengenai iPod Nano dapat Anda akses melalui situs resminya di www.apple.com/ipodnano.