<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Cara Memilih Modem Dial Up

Thursday, February 09, 2006
Modem merupakan alat yang memungkinkan komputer untuk berinternet. Dengan komponen utama Modulator dan Demodulator yang berfungsi merubah bit-bit digital komputer menjadi sinyal analog untuk dipancarkan melalui line telepon. Begitupun sebaliknya. Dengan software tambahan, modem juga dapat digunakan sebagai mesin faksimile. Sebelum Anda membeli sebuah modem, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis modem yang tersedia saat ini :

Eksternal Modem
Modem yang dihubungkan dengan kabel serial atau kabel USB ke komputer. Modem jenis ini, merupakan modem yang lengkap, yang memiliki komponen, power supply casing dan lainnya.

Internal Modem
Jenis modem ini merupakan sebuah board yang dipasang ke dalam Motherboard.

PCMCIA Modem
Modem ini adalah modem khusus yang berbentuk kotak pipih sebesar kartu kredit. Biasanya ditujukan untuk Laptop karena membutuhkan slot khusus atau slot PCMCIA.

Tips dalam memilih Modem
Berikut ini adalah tips memilih modem yang baik :
1. Modem tersebut mengikuti standar v.90 sehingga mempunyai speed 56 Kbps, yaitu kecepatan maksimal yang dapat dicapai melalui line telepon biasa.
2. Pilihlah modem yang sesuai dengan kebutuhan atau situasi Anda. Misalnya, modem internal akan lebih ringkas dibanding dengan modem eksternal yang lebih rumit dengan kabel tambahan.
3. Pilih modem dari merek yang sudah terjamin baik dari segi kualitas maupun pelayanan purna jual.
4. Jangan terpaku pada harga yang murah. Perhatikan faktor klaim garansi, mutu barang dan bantuan teknis purna jual. Tiap barang biasanya mempunyai garansi satu tahun kecuali ditegaskan lain-lain.