<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Info Seputar Network CBN

Monday, March 06, 2006
Jaringan Internet yang bersifat public sering sekali tidak stabil. Kadang-kadang terjadi down, atau masalah-masalah lain yang mengganggu aktivitas berinternet Anda. Jika ini terjadi, mungkin Anda bingung, atau bertanya-tanya apa penyebab akses Internet jadi lamban atau mati sama sekali.

Sebagai provider yang selalu berupaya menyediakan layanan terbaik bagi pelanggannya, di situs web CBN, kami menyediakan halaman khusus mengenai informasi keadaan jaringan Internet CBN yaitu pada bagian Network Status. Di sini Anda dapat mengikuti informasi-informasi terbaru seputar status jaringan Internet CBN. Sayangnya, masih banyak pelanggan yang belum mengetahui adanya fasilitas ini, atau bahkan belum pernah memanfaatkannya sama sekali.

Informasi Network Status ini dapat Anda temukan di sebelah kiri atas situs web CBN, atau Anda dapat mengaksesnya langsung melalui alamat http://noc.cbn.net.id. Di situs yang disediakan oleh tim NOC (Network Operation Center) CBN ini, terdapat gambaran yang jelas tentang status terkini kondisi jaringan CBN yang meliputi Schedule Maintenance/Network Outage/Problems (Network Info), Network Statistic Information (Bandwidth Overview), serta Modem Pools Statistic Informations (Phone Lines Overview).

Selain masalah network, terdapat juga berbagai informasi yang berguna lainnya, seperti breaking news, network statistic dan modem pool statistic pada Main Menu, FAQ, WHOIS Domain, Looking Glass Mail Queue Information dan beberapa fitur lain di NOC Tools, serta menu-menu lainnya seperti CBN Antivirus, Mirror. RBI/DNSBL, News Server, dan seputar CBN IRC Server.

Untuk mendapatkan informasi mengenai problem yang berkaitan dengan upstream, backbone link, sending & retrieving mail, juga informasi mengenai maintenance ataupun schedule beserta kondisi, penyebab, durasi, dan akibat yang dapat terjadi, Anda bisa masuk ke Breaking News yang terdapat di halaman depan Network Info. Di sini, semua informasi mengenai kondisi bandwidth dan status network CBN selalu ter-update secara real time.

Dalam melakukan penjelajahan di dunia maya ini, kita juga selalu dihantui oleh banyaknya virus yang mengganggu. Karena itu, pada situs CBN terdapat juga informasi yang berkaitan dengan virus. Silakan klik "CBN Antivirus", di dalamnya terdapat Virus Latest yang berisi informasi terbaru mengenai virus (latest 10 virus alerts, top 10 virus hoaxes, dan top 10 viruses tahun terakhir). Sedangkan di bagian Virus News, Anda bisa mendapatkan informasi seputar virus yang dapat menyerang Anda, cara kerjanya serta penjelasan singkat lainnya mengenai virus tersebut.

Bagian Virus Policy bisa menjawab ketidakjelasan yang sering menjadi pertanyaan mengapa Anda tetap terkena virus padahal CBN telah menerapkan proteksi antivirus pada mail servernya. Hal ini dikarenakan tidak semua virus bisa dicegah oleh CBN. Misalnya pada saat Anda bertukar data melalui disket dan CD, men-download data dari Internet, atau pun pada saat Anda melakukan browsing. CBN tidak dapat melakukan proteksi sepenuhnya terhadap terkenanya data Anda dari serangan virus, sehingga sebaiknya Anda tetap memasang program antivirus di komputer masing-masing.

Yang terakhir adalah Virus Glossary. Di sini, Anda dapat menambah pengetahuan mengenai virus komputer yang banyak dibicarakan orang. Jadi Anda akan lebih mengerti berbagai macam jenis virus yang bisa menyerang data Anda, dengan demikian Anda bisa mengantisipasi datangnya virus.

Informasi apa lagi yang bisa Anda dapatkan di CBN Network Status ini? Cukup banyak, diantaranya adalah software database, mail server (MTA), membuat proxy server, grafik, ataupun modul program perl, tak perlu lagi melakukan browsing atau pun download yang memakan waktu lama. Klik saja menu "Mirrors". Di sini, terdapat berbagai aplikasi yang Anda perlukan, seperti Posfix, Qmail, MySQL, Squid cache, RRD Tool, serta CPAN.

Jadi, tunggu apa lagi? Silakan kunjungi http://noc.cbn.net.id/ setiap kali Anda ingin mendapatkan informasi penting terbaru di seputar network CBN.