<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

CDMA, Evolusi Menuju 3G

Thursday, February 23, 2006
Saat ini kebutuhan masyarakat akan transfer data secara cepat dan bergerak semakin meningkat. Karena itulah teknologi terkait juga semakin berkembang. Para penyelenggara operator telekomunikasi pun berlomba-lomba menerapkan teknologi ini untuk menjawab tantangan zaman. Penyedia perangkat/vendor memberikan terminologi untuk perkembangan dari teknologi ini dengan nama 2G, 2.5G, 3G dan seterusnya. Salah satu teknologi informasi yang saat ini booming adalah CDMA.

CDMA (Code Division Multiple Access) merupakan salah satu teknologi yang sebenarnya bukan barang baru. Hanya saja, ketika teknologi GSM berkembang pesat, CDMA seperti tenggelam dan tertinggal. Di negara seperti USA, CDMA telah diterapkan sejak lama untuk aplikasi telekomunikasi zeireless. Sementara di Indonesia, hingar bingar CDMA baru dimulai sejak salah satu operator telepon tertua mengeluarkan produk Fixed Wireless Access (FWA), lantas diikuti beberapa operator lainnya. Selain itu, muncul pula beberapa operator baru CDMA untuk jaringan selular.

Teknologi CDMA yang mereka gunakan adalah CDMA 2000 1XRTT yang dapat mentransfer data hingga 153 Kbps. Beberapa kalangan sudah menganggap CDMA 2000 IX RTT ini sebagai teknologi 3G, namun ada yang masih menganggapnya 2.75G. Di Indonesia, CDMA telah dimulai oleh salah satu penyelenggara selular sejak tahun 1995 dengan kemampuan kecepatan transfer data mencapai 14.4 Kbps.

Saat ini salah satu penyelenggara selular CDMA sedang melakukan uji coba teknologi CDMA 2000 1X EVDO (Evolution Data Only) di Jakarta, yang dapat mentransfer data hingga 2.4 Mbps. Sedangkan untuk perencanaan ke depan, akan ada teknologi CDMA 2000 1X EVDV (Evolution Data Video) yang bisa mentransfer data dengan kecepatan 3.1 Mbps.

Salah satu keunggulan teknologi CDMA dibanding GSM (Global System for Mobile), dengan teknologi CSD (Circuit Switch Data) adalah kemampuannya untuk mentransfer data dengan kecepatan lebih dari 9.6 kbps. Walaupun untuk tahap berikutnya ada teknologi HSCSD (High Speed CSD) yang dapat mentransfer dengan kecepatan 38.4 kbps, kebanyakan operator selular langsung menerapkan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) yang dapat mentransfer dengan kecepatan 171.2 kbps. Dengan teknologi EDGE (Enhance Data rates for GSM Evolution) yang sedang dilakukan uji coba oleh salah satu operator GSM terbesar di Indonesia, kecepatan transfer data bisa mencapai 384 Kbps.

Tetapi kecepatan setinggi ini tentunya bisa tercapai apabila beberapa kondisi dipenuhi, seperti slot alokasi data yang diberikan oleh penyelenggara selular/FWA dan juga kondisi teknis dari masing-masing perangkat yang digunakan pelanggan. Jadi, pertanyaan untuk Anda, teknologi manakah yang digunakan? CDMA ataukah tetap GSM?