<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Menjadi Terdepan denqan Teknoloqi Push E-mail

Monday, November 28, 2005
Perkembangan dunia informasi, diiringi teknologi mobile atau cellular, membuat arus informasi mengalir demikian cepat.Para
pelaku bisnis, manajemen menengah ke atas, para pengambil keputusan, serta orang-orang yang bergaya hidup dinamis, mobile dan se1alu mengikuti perkembangan dunia teknologi, pasti membutuhkan sarana yang dapat menerima informasi secara real time kapan dan di mana pun berada. Dengan tehnologi push e-mail dan pull e-mail, Anda dapat menerima dan mengirim e-mail melalui smartphone atau PDA (personal Digital Assistant) phone.

Pull e-mail adalah cara menerima e-mail dengan mendownload e-mail yang berada di suatu mail hosting atau mail server ISP ke perangkat mobile atau smartphone. Sedang push e-mail yaitu cara untuk menerima e-mail di hanset, atau terminal hand phone yang secara otomatis dikirimkan ke handset penerima dengan fasilitas relay server yang berada di sisi operator selUler melalui jaringan mobile atau wireless.

Kelebihan push email adalah dapat mengirimkan e-mail kepada penerima di handset handphone, seperti layaknya suatu SMS (Short Messaging Services), selama aplikasi dan koneksi internet GPRS (Global Packet Radio System) di terminal hand phone tersebut
aktif. Dengan metode kompresi yang cukup baik, ukuran file e-mail yang dikirimkan menjadi lebih kecil sehingga meminimalkan beban biaya GPRS. Karena keamanan transaksi dan pengiriman data melalui koneksi mobile atau wireless sangat rentan, diperlukan metode enkripsi yang dapat mengamankan pengiriman data email tersebut. Push e-mail juga dapat menyinkronkan data email dan Calendar anda di Desktop dengan Handset Anda Over the Air.

Saat ini, push e-mail hanya dapat dinikmati oleh pengguna smartphone berbasis Symbian atau Windows Mobile 2003, dan baru diterapkan oleh dua operator selluler. Keduanya adalah Indosat dengan BlackBerry yang menggunakan teknologi RIM Canada, serta Telkom dengan Ventus yang menggunakan teknologi Smartner, Finlandia.

Para pengguna Blackberry dapat menggunakan kartu Matrix dari Indosat dengan menggunakan handset Blackberry. Saat ini layanan
push e-mail dari Indosat bisa diakses melalui smartphone atau handphone yang telah memiliki aplikasi blackberry seperti pada Sony Ericsson P900i dan Siemens SK-65. Sementara pengguna Ventus dapat menggunakan koneksi GPRS dari telkomsel dan telkomflexi dengan handset yang berbasis Symbian dan Windows Mobile.

Bagi pengguna corporate, fasilitas push email dapat dinikmati dengan menyediakan satu server tambahan selain mail server yang sudah digunakan sebelumnya (MTA yang saat ini didukung adalah Microsoft Exchange Server dan Lotus Domino Server) yaitu BlackBerry Enterprise Server atau BES bagi pengguna Blackberry dan Push Connector bagi pengguna Ventus.

Dengan teknologi push e-mail, Anda dapat dengan mudah menerima informasi, dan tak lagi kehilangan peluang bisnis Anda.

Teknologi push e-mail seperti BlackBerry dan Ventus mUlai tumbuh pesat. Bagi Anda yang ingin mengikuti perkembangannya, coba kunjungi situs-situs berikut.

www.blackberry.com
Selain menampilkan produk-produknya, situs resmi BlackBerry ini juga menyedikan berbagai info bermanfaat yang perlu Anda ketahui.

www.blackberryforums.com
Tempat berdiskusi tentang semua hal yang berhubungan dengan BlackBerry.

www.ventusmobile.com
Situs resmi Ventus di Indonesia.

www.adiska.com
Situs berbahasa Indonesia yang memuat beragam informasi seputar teknologi push email. Sangat layak untuk dikunjungi.

www.blackberryblog.com
Info dan berita menarik seputar BlackBerry bisa Anda dapatkan di blog sederhana ini.