<$BlogRSDUrl$>
Techno Hack
All about technology tips and trick around us, such as how to optimize our PC, camera, handphone, camcorder and much more

Kenali Kondisi Mesin Dari Busi

Sunday, February 05, 2012
Kecil wujudnya, tetapi besar fungsinya. Ungkapan ini tampaknya tepat untuk menggambarkan peran busi dalam sistem mesin kendaraan bermotor. kendati berwujud kecil, busi memegang peran vital dalam proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga sehingga kendaraan dapat melaju.

Salah satu komponen yang diperlukan untuk menghidupkan mesin mobil adalah busi. Komponen ini bertugas menghasilkan bunga api listrik untuk membakar campuran bahan bakar udara dalam silinder kendaraan. Busi yang baik mampu bekerja dalam suhu dan tekanan tinggi.

Karena berkaitan langsung dengan kerja mesin, busi pun dapat digunakan untuk mengetahui dan mencari penyebab gangguan pada mesin. Oleh karena itu, saat membersihkan busi, Anda sekaligus bisa memeriksa, apakah kondisi mesin masih prima atau sudah loyo, hanya dengan mengamati bagian kepada busi.

Mesin kendaraan disebut masih normal jika ujung insulator dan elektroda busi berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan. Ini menunjukkan kondisi dan setting mesin, serta waktu pengapian dalam keadaan prima dan masih sesuai dengan keadaan pabrik.

Sementara itu, kalau Anda melihat ujung insulator, elektrode, dan busi tertutup dengan jelaga hitam, sisa pembakaran yang kering tetapi lembut, sebaiknya Anda lekas memeriksa setelan atau injeksi, mekanisme cuk, saringan udara, kalau perlu mengganti busi yang sesuai, karena kemungkinan besar ada yang kurang pas pada bagian-bagian tersebut. Gangguan pada komponen-komponen tadi akan menyebabkan asap knalpot mobil menjadi hitam, bensin boros, serta sukarnya start saat mesin sedang dingin.

Pernahkah Anda mengalami mesin mobil tersendat dan lambat berakselerasi saat kendaraan bermuatan penuh, atau knalpot meledak-ledak karena bahan bakar tidak terbakar habis (misfiring)? Kalau ya, periksalah busi Anda, pasti ujung insulatornya tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang muncul warna hijau agak basah. Ini menunjukkan bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air atau pemakaian aditif yang kurang cocok.

CLICK HERE FOR MORE INFORMATION


Labels: